Benih,….awal kehidupan

Kehidupan tanaman diawali dari benih.  Benarkah??  Mana yang lebih dulu ada?  benih atau tanaman.  Benih berasal dari tanaman? Ataukah tanaman yang berasal dari benih.  Nun .. jauh masa lalu, tanaman yang ada di bumi ini diciptakan berupa tanaman, sebagaimana manusia diciptakan sudah berbentuk manusia.  Dengan demikian, benih memang berasal dari tanaman.  Namun demikian, pada perkembangannya benihlah yang menjadi awal dari kehidupan tanaman.

Kalau ingin mempunyai tanaman yang subur, benih harus bermutu, baik secara genetik, fisiologis maupun fisik.  Mutu genetik dicirikan dengan kemurnian dan keseragaman genetik.  Mutu fisiologis ditentukan oleh kemasakan benih secara fisiologis.  Mutu fisik, ditentukan oleh kebernasan, seragam dan tidak tercampur.

Makhluk hidup yang hebat

Adakah makhluk hidup sehebat benih?  benih adalah makhluk hidup yang tetap hidup dan tetap ingin hidup walaupun hidupnya terkekang.  banyangkan, untuk hidup seharusnya ia perlu makan, perlu minum.   Namun benih tetap hidup walaupun tidak makan dan minum, bahkan tidak bergerak, dalam waktu yang lama, 1 bulan, 2 bulan 6bulan bahkan 1 tahun.  Apa yang terjadi dalam benih? sebagai makhluk hidup pasti ada proses metabolisme.  Tetapi ia kok bisa tahan beigitu lama.  Metabolisme pada benih Kedele yang kecil dapat berlangsung selama 3 bulan lebih.  Pada lamtoro dapat berlangsung selama musim kemarau.  Bahkan pada benih lontar dapat bertahan sampai 2 tahun.   Mengapa? tidakkah kau ingin tahu?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Benih,….awal kehidupan

  1. mahasiswa says:

    yang saya bingungkan pak,,,jika biji itu dijemur apakah sel selnya mati? lalu jika dia ditanam kenapa dia tumbuh pak?…..jika biji itu benda mati kenapa bisa memunculkan kehidupan pak?
    itu;ah yang saya bingungkan…;;;apakah biiji digolongkan benda hidup?.tolong penjelasannya pak..

  2. Avatar of Kuswanto Kuswanto says:

    benih adalah makhluk hidup, tapi masih dalam kondisi terkekang. bagaimana rasanya terkekang? tentu tidak enak. sehingga apabila terkekang terlalu lama, maka benih akan mati. supaya tidak mati, harus segera ditanam.

Comments are closed.