Gen Ungu Kacang Panjang

Kacang panjang yang sedang saya teliti tahun 2012, semuanya berpolong ungu.  Betapa menariknya saat dimasak pecel, maka pecelnyapun bersayur ungu. Saat di sayur sop, terlihat warna ungu.  Warna ungu kacang panjang telah hadir mendampingi sayur dan buah ungu yang telah ada, seperti terong, bayam merah, buah naga, manggis, plum dll.

Hasil kajian sementara, warna ungu pada kacang panjang diduga dikontrol oleh gen dominan dan bersifat dominan atau epistatif terhadap warna hijau, sehingga saat terjadi segregasi, kacang panjang berpolong ungu mampu menghasilkan polong hijau.  Akumulasi gen dominan menyebabkan warna ungu semakin gelap atau semakin ungu kemerahan.  Akumulasi gen ini mengindikasi peran gen aditif pada warna ungu. Betulkah semua itu?? Semua itu harus dibuktikan.  Betapa makin banyaknya ilmu yang belum kita ketahui.  Penelitian ini harus tetap berjalan………

This entry was posted in Research. Bookmark the permalink.

One Response to Gen Ungu Kacang Panjang

  1. Ummatus Sholekha Agro '10 says:

    Asslaamu’alaikum Pak Kus….. Saya sudah penjurusan dan Insyaallah pengen berkontribusi penelitian kacang panjang ungu.. Kiranya pak kus memilih saya menjadi mahasiswi bimbingan bapak, maka saya akan sangat berterima kasih … :)
    Wassalaamu’alaikum…..

Comments are closed.