Kunjungan Ke Taiwan

Tanggal 14-21 September 2013, melakukan kunjungan ke Taiwan dalam rangka studi banding penelitian.  Belajar menyusun penelitian ke Chiayi University, Pingtung, University, AVRDC Tainan, Sugarcane Research Centre, Petani dll.   untuk bidang Pemuliaan Tanaman saya mencoba merangkum sbb:

Kegiatan penelitian pemuliaan tanaman di beberapa universitas dan lembaga penelitian di Taiwan sangat berbeda dengan Indonesia.  Penelitian pemuliaan di Taiwan adalah product oriented yang marketable.  Penyusunan permasalahan menjadi jelas karena didukung oleh pihak yang kompeten, data yang akurat dan teknologi yang mendukung.  Permasalah penelitian berawal dari kebutuhan terhadap suatu produk di masa depan, kemudian dilakukan kegiatan penelitian dengan target mencukupi produk yang sedang dan akan dibutuhkan.   Sarana pendukung penelitian adalah jaminan para admistrator.  Peneliti hanya bertugas meneliti, dengan dukungan peralatan dan bahan yang lengkap.  Peralatan untuk penelitian (dan praktikum) telah dilengkapi, sehingga saat dosen, peneliti, atau mahasiswa akan penelitian semua sarana sudah tersedia.  Dosen bisa merancang kegiatan penelitian berstandar tinggi, karena tidak perlu memikirkan kecukupan sarana prasarana dan dana. Hal ini sangat berbeda dengan penelitian pemuliaan di UB.  Salah satu masalah yang dihadapi di Taiwan namun justru menjadi kelebihan di UB adalah tentang keragaman dan jumlah materi penelitian, yaitu sumber daya genetic tanaman.  Di banding Indonesia, sumber daya genetic tanaman di Taiwan tergolong miskin, namun Taiwan telah mengantisipasi dengan koleksi yang cukup.  Inilah peluang kerja sama yang menarik antara UB dengan beberapa universitas dan balai penelitian di Taiwan.  Berdasarkan uraian tersebut, peluang rencana penelitian di FP UB maupun kerja sama antara FPUB dengan Taiwan adalah sebagai berikut.

  1. Untuk penelitian pemuliaan tanaman, perlu diprioritaskan pada komoditas hortikultura dan atau agronomi yang akan menjadi kebutuhan penting di masa mendatang dan dibutuhkan pasar. Underutilized crop adalah komoditas yang perlu dipertimbangkan
  2. Tema penelitian yang perlu dilakukan sesuai dengan prioritas adalah:a). mempertahankan dan meningkatkan diversifikasi produk/varietas/jenis. b). memperbaiki varietas yang sudah ada berdasarkan karakter yang futuristic dan marketable.  c). merakit varietas baru yang berorientasi pada produk organic
  3. Kegiatan penelitian kerja sama dapat dilakukan di FP UB maun Taiwan dengan memanfaatkan kelebihan sumber daya masing-masing.  Kerja sama harus disertai dengan publikasi internasional bersama dengan prinsip saling menguntungkan dan melengkapi.
This entry was posted in Research. Bookmark the permalink.